35 Buku Kesukaan di Tahun 2017

Sudah akhir tahun lagi….

Iini memang masih terlalu awal, tapi kayaknya sampai akhir tahun ini saya cuma bakal baca beberapa komik (yang sepertinya gak bakal saya masukkan dalam daftar di bawah ini) dan bakalan sibuk kerja aja. Jadi mumpung punya waktu maka saya buat daftarnya sekarang.

Pada tahun lalu saya berhasil membaca lebih dari 500 buku tapi sebagian besar adalah komik. Karena ingin menantang diri sendiri, saya sempat membuat resolusi untuk mengurangi baca komik di tahun 2017 ini. Sayangnya gagal wqwq

Tahun ini saya berhasil membaca lebih dari 500 buku lagi dan hampir 400 di antaranya adalah serial komik. Awal tahun lalu saya sempat membuat tantangan seperti ini

capture-20171215-091305

Nabungnya berhasil tapi pada September lalu tabungannya tak jebol buat nambahin beli jam tangan. Kalau tak salah ingat saya berhasil menabung sebanyak Rp430.000,- dan setelah tak jebol, saya gak lanjut nabung lagi sampai sekarang hhh

Sama seperti tahun lalu, sebagian besar buku yang saya baca tahun ini banyak yang berbentuk elektronik. Sampai tulisan ini saya buat, tahun ini saya hanya membeli dan memiliki 19 buku cetak saja (yang jadi tersisa 8 buah sisanya tak kasih ke orang). Lalu ada sekitar 16 buku cetak baca pinjam teman, 33 buku cetak baca dan pinjam di perpustakaan. Sisanya buku elektronik entah itu hasil unduhan di torrent, dari aplikasi bookmate, scoop atau situs baca manga online.

Budget belanja buku saya tahun ini tidak sampai Rp500.000 (alhamdulillah, tahun lalu lebih dari 1,5 hhh). Tapi kalau diingat lagi, saya sempat langganan bookmate dan scoop masing-masing sebanyak 2x dan harga langganan sekitar 99ribu/bulan. Jadi ya…budget buku saya tahun ini lebih dari Rp500.000 sih wqwq

Tapi tak apa, yang penting sudah lebih berkurang. Saya akhirnya mampu mengerem nafsu belanja buku menerapkan metode Konmari-nya Marie Kondo dan memilih mana yang benar-benar akan saya baca dan sekiranya berguna alih-alih main beli semua buku yang menurut saya menarik. Tahun ini saya juga tak malu untuk pinjam ke teman (dan syukur ada beberapa kenalan yang mau meminjamkan buku milik mereka).

Selain itu, tahun ini saya juga menemukan banyak penulis baru dan buku menarik!

Tahun ini saya sudah membaca semua kumpulan cerpen dan dua novel dari Haruki Murakami dan sampai pada suatu kesimpulan bahwa saya lebih suka karya beliau dalam bentuk kumpulan cerpen saja. Novelnya beliau terlalu berat….beneran bisa bikin ikut stressssssss hh.

Tahun ini saya juga menemukan banyak penulis baru yang menjadi kesukaan! Etgar Keret, Alain de Boton, Alan Lightman, Dea Anugrah, Beni Satryo dan Joko Pinurbo (iya saya baru mulai baca karya beliau xD). Untuk komikus juga ada seperti Takahiko Inoue, Satoru Noda, Koike Sadaji dan Kaoru Mori.

Beberapa penulis kesukaan saya tahun ini juga menerbitkan banyak buku baru. Seperti misal mas Yusi Avianto dengan kumpulan cerpen terbarunya, Inio Asano dengan serial Reiraku dan Solanin dibuat lanjutannya! (solanin versi lanjutan tapi belum ada versi scan dan semoga masuk ke Indo deh ya hh), mas Erufan Fajar dengan vol terakhir Arigato Macaroni-nya (haaah pas ngetik ini jadi sedih T_T), Yotsubato! juga keluar vol 13. Sebenarnya beberapa waktu lalu Raditya Dika (ehem, penulis favorit saya no 1, btw) katanya mau menerbitkan buku terbarunya Desember ini. Tapi ternyata ditunda sampai Februari tahun depan soalnya dia sibuk dengan persiapan lamaran (ini gak tau ada hubungannya atau tidak sih) (sempat sedih tapi juga senang akhirnya u laku juga ya bg Radit wqwq). Jadi, alhamdulillah ada alasan kenapa saya harus berusia panjang sampai tahun depan. Biar saya bisa baca buku terbarunya Radit hhe.

Baiklah tanpa banyak cas cis cus lagi, mari kita langsung ke daftar 35 buku kesukaan saya tahun ini. Tadinya mau buat 50 tapi setelah menimbang lagi kayaknya yang saya suka banget gak sampai segitu. Urutan saya buat berdasarkan yang super favorit. 10 pertama itu benar-benar favorit, urutan 11 sampai akhir saya buat berdasarkan feeling karena ada yang sudah agak-agak lupa. Kalau kamu bertanya yang jadi super rekomen ya pasti saya jawab 10 teratas. Trus akan saya beri keterangan bukunya genre apa dan saya baca versi apa yap.

Ini daftarnya! (bonus 1 jadi jumlah total 36 xD)

  1. Raden Mandasia si Pencuri Daging Sapi <novel, dijual versi cetak di toko buku online/indie> (ceritanya sebenarnya biasa saja bukan tipe saya banget. tapi karena buku ini, tahun 2017 saya begitu indah dan berwarna. hhe)
  2. Modern Romance <kumpulan esai? penelitian? kurang paham juga genre-nya apa. Dijual versi cetak di toko buku online dan kayaknya belum ada terjemahannya deh. Saya baca versi online unduh di torrent> (seperti judulnya, buku ini membahas seputar hubungan percintaan di dunia modern seperti misal seperti internet dating dan hal-hal sejenis itu. superrrr rekomeeenn11111)
  3. A Bride Story <komik, sudah ada versi cetak terjemahan di toko buku tapi saya baca versi inggris di situs online. masih on going belum tamat> (detail gambar dan ceritanya bagus bangeeet. kamu bisa belajar tentang ”diri sendiri”, kemampuan sosialisasi dengan sesama dan belajar budaya juga. bagus!)
  4. 1984 <novel, sudah ada versi cetak terjemahan di toko buku. versi inggris juga banyak tersedia di torrent> (agak telat banget saya baru baca ginian tapi gpp. setelah baca ini saya jadi tertarik baca yang bertema sejenis. jadi nonton film bertema ginian juga sih. bagus tapi sempat bikin saya stress hh)
  5. Men Without Women <kumpulan cerpen, belum ada versi cetak terjemahan. versi cetak bahasa inggris bisa dibeli di toko buku, versi elektronik sudah tersedia di torrent> (kalau tak salah ingat ini buku ke 3 dan kumpulan cerpen ke 2 Murakami yang saya baca dan saya super suka banget. semua permasalahan di setiap cerpen membahas laki-laki yang bermasalah dengan wanita gitu tapi temanya beragam. ngilu, manis, perih, cantik jadi satu. super rekomeennnn11111)
  6. Arigato Macaroni round 5 <komik, hanya ada versi cetak dijual oleh penulisnya langsung. sila cari ArigatoMacaroni di twitter atau di tokopedia> (mas Erufan bilang ini volume terakhir Arigato Macaroni karena dia mau lanjut bikin proyek komik lain. ceritanya sih kurang nendang tapi ini adalah salah satu serial komik terbaik yang pernah saya baca jadi ya rekumennn111!)
  7. The Art of Living Other People’s Live <kumpulan essai dan curhatan, ada versi cetak di toko buku online. saya baca versi elektronik dari aplikasi bookmate> (ini bahas curhatan seorang mantan penulis di sebuah website macam buzzfeed gitu-tapi bukan buzzfeed, lupa nama web-nya apa wq. yang dibahas tentu saja tentang internet! tulisannya seru, bikin ngakak dan super relate banget sama saya yang hampir 10 jam dalam sehari berada di internet. superrrrekoooomeeenn!!!!!)
  8. Gyakutenryoku <biografi, saya baca versi terjemahan dikirimi sama teman. buku ini tersedia di lapak torrent juga di aplikasi bookmate secara gratis> (tidak banyak biografi yang saya baca tahun ini tapi bisa dikatakan ini yang paling berkesan. kalau kamu pernah mendengar atau mengikuti perkembangan dunia idol pasti tau siapa Sasshihara Rino. kisah hidupnya di buku ini lumayan menarik dan bikin saya cukup termotivasi pengen jadi idol juga wqwq. gak deng, bikin termotivasi buat menjadi lebih baik aja sih. semacam mikir ”sasshi saja bisa, maka maila juga bisa!” gitu hhe. bagus! kalau kamu gak ngerti dunia idol dan memutuskan baca ini, pasti pandangan kamu terhadap dunia idol bakal berubah. superrekomenn!)
  9. Merasa Pintar Bodoh Saja Tak Punya <kumpulan tulisan, hanya ada versi cetak dijual di toko buku online/indie> (ini saya pinjam punya teman dan nyesel banget. belum kesampaian beli sendiri. bagus, bahas soal agama, kemanusiaan dan hal-hal sejenis itu. kalau tidak salah ingat sih ya, ini tu salah satu kolom di mojokdotcom yang dibuat buku gitu sih. tapi isinya bagus dan tak mengecewakan. layak di koleksi dan baca!)
  10. It’s Difficult to Love An Otaku <komik, versi terjemahan dan baca di situs online> (ini saya agak susah sih sebenarnya memutuskan buku mana di posisi 10 tapi saya akhirnya memilih ini. seperti judul, buku ini berkisah tentang 2 pasang kekasih yang kebetulan semuanya otaku, cari sendiri penjelasan soal otaku di google ya wqwq. yang menarik, 4 orang ini tipe otakunya beda. ada yang fokus di game saja, ada di anime, ada yang di komik dan ada yang semuanya. nah baca kisah hubungan mereka tuh bikin saya senyum-senyum lucu sendiri. selama ini saya pernahnya kenal sama orang yang suka dunia idol dan anime aja. jarang ada yang maniak game banget gitu. pas baca komik ini jadi mbayangin kalau punya pacar yang otaku kayak di komik ini juga lucu kali ya wqwq. selain cerita yang unik, detail gambar juga menarik. komikusnya kayaknya suka fashion jadi baju tiap tokohnya cakep-cakep banget. hanya ada sampai 4 volume dan saat ini sudah 3 volume terbit sisa 1 volume lagi! kalau tertarik kamu bisa baca ini trus bareng-bareng sama saya nunggu vol 4-nya terbit atau mau baca setelah semuanya terbit juga bisa. yang jelas ini rekomen! manis<3)
  11. Senja dan Cinta yang Berdarah <kumpulan cerpen, versi cetak ada di toko buku versi elektronik ada di scoop> (buku paling tebal ke-2 yang saya baca tahun ini dan ah, bukunya oom Seno Gumira gak pernah ada yang mengecewakan kan?)
  12. Kubah <novel, versi cetak ada di toko buku, versi elektronik di aplikasi scoop> (sederhana dalam ketidaksederhanaan. itu mungkin kata yang tepat buat buku ini. masalah di buku ini sederhana, gaya nulisnya lebih sederhana lagi tapi sungguh manis dan bikin dada menghangat)
  13. Belajar Lucu Dengan Serius <kumpulan puisi, versi cetak di toko buku versi elektronik di aplikasi scoop> (salah satu buku puisi kesukaan saya tahun ini)
  14. What I Talk About When I Talk About Running <memoir, versi cetak ada di toko buku, versi inggris ada banyak di torrent> (buku Murakami pertama yang saya baca. bercerita dan bikin kamu pengen lari)
  15. The Storied Life of A.J Fikry <novel, versi cetak di toko buku, versi elektronik ada banyak di lapak torrent> (sebuah novel tentang buku dan toko buku)
  16. Kingyo Used Books <komik baca di lapak baca online> (kalau no 15 adalah novel yang bercerita tentang buku dan toko buku, maka Kingyo ini adalah komik yang bercerita tentang komik dan toko komik. wajib banget dibaca buat yang suka buku yang bahas tentang buku atau orang yang selama ini memandang sebelah mata komik. pas baca ini saya banyak nangis dan tersadar kalau kayaknya hampir separuh pengalaman dan pilihan hidup yang saya buat itu dipengaruhi dari komik-komik yang sudah pernah saya baca wqwq. bagus banget pokoknya serial ini. WAJIB BANGET DIBACA111. oiya, serial ini ada banyak tapi versi scan cuma baru sampai vol 4 dan abis itu mandek T_T. tapi gapapa, walau sedikit tetap layak buat dibaca!!!!)
  17. Baju Bulan <kumpulan puisi, versi cetak di toko buku atau versi elektronik di aplikasi scoop> (saya banyak baca buku puisinya JokPin dan kayaknya ini yang jadi kesukaan soalnya berisi puisi-puisi pilihan/terbaik dari semua buku puisinya beliau)
  18. Golden Kamuy <komik, versi terjemahan bisa dibaca di situs baca online. belum ada versi cetak> (genre komik terbaru yang saya baca dan suka banget! bahas tentang perang, sejarah dan suku Ainu, bahas tentang survival dan makanan juga. susah deh kalau diminta jelasin ini komik tentang apa wqwq. ini lagi hits banget ya di Jepang karena kebetulan mulai Februari nanti akan ada versi Anime-nya. coba baca 1 volume saja kalau penasaran. yang jelas ini bagus dan berharap banget diterjemahin ke indonesia. pengen koleksi T_T)
  19. The Bus Driver Who Wanted To Be God <kumpulan cerpen, baca versi elektronik di google play book. tidak tersedia di lapak torrent> (buku kedua Etgar Keret dan kumpulan cerpen beliau pertama yang saya baca dan super suka! ringan, menggelitik, absurd dan bikin ketawa sambil nangis hh. superrekomeeenn111)
  20. If You’re Gonna Dress Up, Do It Like This <komik, baca di situs online> (komik tentang fashion! ini bagus dibaca semua cowok biar ngerti fashion hhe. jadi ini tentang kakak-adik tinggal di Tokyo. si kakak cowok tertarik untuk belajar fashion dan berpenampilan selayaknya orang dewasa gitu. si adik cewek kebetulan kuliah di jurusan fashion trus mereka berdua belajar bareng-bareng tentang cara dress up dan hal-hal sejenis itu. gambarnya apik, dijelaskan dengan bahasa yang mudah dipahami dan beberapa tips bisa diterapkan di Indonesia. btw, saya tertarik beli jam tangan tuh gara-gara baca komik ini lho hhe. rekumen!)
  21. Dad, the Beard Gorilla and I <komik baca di situs online> (ADUH INI BAGUS BANGET T_T, mirip kayak Yotsuba gitu. jadi ada suami-istri, istrinya meninggal trus si suami akhirnya tinggal sama adiknya yang masih lajang dan anaknya yang masih 5 tahun. adiknya ini cowok dan tampangnya kayak gorila gitu. trus yaudah isi komik ini adalah kisah selama si anak dan ayah tinggal sama si om yang mirip gorila. bagus banget, kisahnya banyak yang bikin ngakak tapi juga bisa tiba-tiba bikin kamu nangis. cocok dibaca kalau kamu lagi habis kehilangan hhe)
  22. Morning Light <novel, tersedia di toko buku dan google play book> (temanya kisah remaja yang sedang dalam proses pencarian jati diri. kamu harus baca biar bisa tau arti dibalik kenapa sampulnya bergambar bunga matahari. bagus!!!!)
  23. The Ghost Next Door <novel, versi cetak terjemahan ada di toko buku, versi bahasa inggris ada di torrent> (saya memberanikan diri baca serial Goosebumps dan ternyata saya cukup berani wqwq. bacanya lama sih karena saya ketakutan, tapi berhasil sampai tamat dan wah, cerita-ceritanya sungguh tak terduga! kalau tak salah ingat saya sudah coba baca 6 buku dan ini yang jadi kesukaan no 1)
  24. What A Wonderful World <kumpulan cerita dalam 2 volume komik. baca di situs online> (tidak butuh alasan kenapa kamu harus baca komik ini. semua karya Inio Asano itu wajib dibaca wqwq)
  25. Muslihat Musang Emas <kumpulan cerpen, versi cetak dijual di toko buku online/indie> (buku ke-3 oom Yusi, kumcer ke-2 beliau. lebih suka yang ini daripada kumcer pertama. di buku ini tema dan pembahasan lebih luas dan ada sentilan politik juga, sampul super cakep!)
  26. Sunset Holiday <novel, tersedia di toko buku dan versi elektronik di google play> (novel manis yang bisa bikin kamu pengen jalan-jalan dan merasakan jatuh cinta hehehehehehehehe)
  27. Kesetiaan Mr. X <novel, versi cetak di toko buku, versi inggris di torrent dan versi elektronik di aplikasi scoop> (genre baru yang saya coba baca, tertarik karena teman twitter saya yang tidak gemar membaca tiba-tiba main ke toko buku dan beli ini. cukup suka. ada versi film dan drama juga tapi belum nonton)
  28. Kyou O Aruku <komik 1 volume langsung tamat, tersedia di lapak online> (komik yang bercerita tentang jalan kaki! kalau kamu suka jalan kaki maka wajib baca ini! ringan, manis dan bikin senyum sendiri)
  29. Bakat Menggonggong <kumpulan cerpen, tersedia di toko buku online/indie> (buku pertama yang menjembatani perkenalan saya dengan mas Dea. Baca saja deh, pasti suka~)
  30. Doukyonin wa Hiza, Tokidoki, Atama no Ue <komik, baca di lapak online> (komik tentang penulis cowok yang mencoba memelihara kucing. gemes bikin pengen meluk cowoknya xD)
  31. Bowl of Happiness <novel, versi cetak di toko buku dan aplikasi scoop> (saya cukup baca banyak teenlit tahun ini tapi yang jadi super favorit banget adalah buku ini. bikin pengen balik ke masa sekolah)
  32. Jejak Mata Pyongyang <kumpulan tulisan, versi cetak di toko buku> (salah satu dari 4 buku yang saya beli di BBW. buku ini berisi pengalaman oom Seno pas punya kesempatan untuk meliput dan memotret Korea. Apik!)
  33. My Lesbian Experience with Loneliness <komik baca di lapak online> (saya sudah sering nonton film bertema lgbt dan lesbian trus sering juga baca buku bertema gay tapi baru kali ini baca buku bertema lesbian. bagus!)
  34. The Seven Good Years <memoir, versi cetak terjemahan ada di toko buku, versi inggris ada di torrent> (saya menyesal terus menunda membeli dan membaca buku ini. setelah kamu baca tulisan ini saya harap kamu segera membeli dan membaca buku ini!)
  35. Slam Dunk <komik, versi cetak sudah ada di toko buku atau bisa juga baca di lapak online> (komik legenda!!!! nyesel juga baru baca sekarang wqwq. klasik, apik dan super lofli!)
  36. I’ll Give It My All Tomorrow… <komik, saya dapat dari private torrent> (komik 5 volume yang ringan dan hadeeeh. tentang seorang salaryman yang memutuskan pensiun lalu menjadi komikus. 5 volume ini bercerita tentang perjuangannya membuat komik dan ditolak mlulu. bikin ketawa sambil nangis dan dan nangis sambil ketawa, buat yang tertarik baca bisa komen nanti saya kirimi lewati email)

Sudah!

Itulah 36 buku terbaik yang saya baca tahun ini. Lebih banyak komiknya ya? xD

Kalau lihat dari daftar lengkap di goodreads sih lebih banyak buku nonfiksi dengan tema how-to dan yang sejenis itu. Tapi isinya terlalu ringan atau tidak memiliki kesan mendalam buat saya.

Oiya, walaupun tadi saya sudah bilang 10 daftar pertama itu yang menjadi super favorit, tapi saya tetap mau buat 6 buku yang super-favorit dan mempengaruhi sosok diri saya. Membekas dalam baik di hati, pikiran dan perbuatan (ceileh bahasanya) saya dalam setahun terakhir ini. Berikut daftarnya,

  1. Raden Mandasia Si Pencuri Daging Sapi
    Seperti yang sudah saya bilang di atas, karena buku ini tahun 2017 saya penuh warna. Waktu itu saya membuat twit penasaran pengen baca buku ini, yang punya pinjem dong. Eh trus ada salah satu follower (dan juga following) yang nyamber trus beliau meminjamkan ini. Itu terjadi pada 1 Januari 2017. Sekitar tanggal….9 Januari kali ya, buku Raden Mandasia-nya datang. Saya nunda baca sampai 2 minggu karena kebetulan punya tumpukan lain. Dan ketika akhirnya baca, saya malah ketagihan gak bisa berhenti bahkan sampai mengulang 2x. Ceritanya sih biasa aja ya gak begitu berkesan banget walaupun bikin saya jadi kangen kakek, kangen masa kecil pas suka ikut kakek ronda sambil nonton Jaka Tingkir gitu. Yang bikin menarik adalah setelah hari itu saya jadi dekat sama orang yang meminjamkan saya buku ini hhe. Dari dia saya jadi dapat banyak rekomendasi bacaan menarik, bercerita dan curhat banyak hal dan bikin hari saya penuh warna selama setahun terakhir ini.
    hehehehehehehehehehehehehehe anjir nulis ginian jadi nangis T_T
  2. The Ghost Next Door.
    Waktu langganan majalah Bobo saat kecil dulu, saya sudah sering melihat iklan buku serial Goosebumps dan selalu saya skip soalnya gambarnya seram-seram. Saya memberanikan diri baca serial ini gara-gara salah satu gebetan (((gebetan))) bercerita bahwa ia senang serial ini dicetak ulang (dia membuat twit serta foto beberapa buku yang ia beli). Dari situ saya jadi penasaran trus memberanikan diri membaca. Belum saya baca semua serialnya sih, tak pilih yang kayaknya gak seram-seram banget. Sudah berhasil saya baca 6 buku dan ini yang jadi favorit. Ceritanya menurut saya seram tapi endingnya gak terduga. Bagus!
  3. Slam Dunk.
    Dulu saya gak suka komik-komik tema olahraga gini. Iseng baca ini tuh karena pengen menantang bacaan diri sendiri aja sih. ”coba ah baca komik populer yang sudah dibaca banyak orang” dan yang terlintas di kepala saya saat itu Slam Dunk ini. Pas coba baca ternyata bagus banget ya….pantas banyak yang suka. Saya gak ngerti basket dan bisa dibilang cukup payah juga tapi pas baca ini saya jadi bersemangat trus kalau lagi berdiri gitu hawanya jadi pengen lari-larian kayak main basket wqwq. Ini serial klasik yang wajib dibaca semua orang banget sih menurut saya. TOP!
  4. Modern Romance.
    Saya banyak ketawa malu pas baca ini wqwq. Terutama di bagian pembahasan online dating. Ada sedikit kutipan yang saya ingat yang kalau tak salah ingat terjemahannya kira-kira begini ”kalau saat pdkt langsung kita tidak berani bertanya hal-hal sensitif, kenapa kalau lewat chatting gitu kita suka ngetik sembarangan nanya banyak hal ya? coba mulai sekarang sebelum bertanya lewat chat, bayangkan kalau kita mengucapkan hal itu secara langsung. apakah kita tetap akan berani bertanya?” yang berhasil membuat saya terdiam dan sedikit menjaga jempol ketika ingin melakukan pdkt atau mengenal seseorang lebih jauh melalui internet.
  5. Men Without Women.
    Saya baca kumpulan cerpen ini pas patah hati pertengahan tahun lalu dan rasanya sungguh……
    Sudah tak ulang baca sebanyak 3x dan selalu jatuh cinta. Manis, perih, ngilunya dapet terus.
  6. Senja dan Cinta yang Berdarah.
    Ini buku paling tebal pertama yang saya baca tahun ini. Kebetulan bacanya versi elektronik dari aplikasi scoop. Kebetulan lagi bacanya 3 hari sebelum masa langganan scoop saya habis. Dan alhamdulillah sekitar 700 halaman bisa selesai sebelum 3 hari. Pengen punya versi cetaknya sih karena bagus banget buat koleksi. Cerpen terbaik oom Seno lho, wajib banget punya sih. Nanti deh nabung dulu atau nunggu diskonan soalnya mahal, kemarin pas harbolnas lupa beli hh.

Bisa dikatakan 6 buku yang saya sebutkan di atas sedikit banyak mempengaruhi cara berpikir serta hidup saya. Saya jadi menyadari kalau ternyata saya bisa dipaksa/terpaksa membaca cepat karena terburu waktu dan syukur bisa saya selesaikan dengan baik. Saya juga jadi belajar bahwa dunia internet tuh juga ada tata kramanya, gak bisa asal sembarangan. Saya juga belajar bahwa buku bersampul seram itu ternyata gak semuanya seram. Ada cerita menarik, trik psikologis dan kemampuan berpikir yang sungguh hebat dari si penulis yang bisa saya pelajari dan secara tak langsung juga mengasah adrenalin saya sebagai orang yang penakut.

Dari buku-buku di atas saya juga jadi belajar bahwa buku-buku yang digilai banyak orang itu ternyata ada beberapa yang memang bagus juga dan gak pernah ada kata terlambat untuk mulai kamu baca.

Buku, musik, film, jodoh, rezeki, teman, kesempatan kerja dan hal-hal seperti itu sudah punya ”waktu”nya sendiri untuk datang dan kenalan sama kamu. Tidak pernah ada kata terlambat untuk mulai berkenalan. Tidak perlu merasa telat atau ketinggalan.

Ada sih beberapa buku yang pas sudah selesai saya baca, saya langsung membatin ”ah coba w bacanya dulu pas sekolah” serta hal-hal sejenis itu. Tapi setelah saya pikir-pikir lagi kayaknya enggak deh. Baca dan baru tau sekarang juga gakpapa. Gak bikin saya menyesal karena toh saya tetap bisa belajar.

Oiya satu lagi hal yang menarik. Meskipun tidak langsung berubah, tapi tahun ini perlahan saya berani untuk mencoba banyak genre baru. Kebetulan tahun ini saya berkenalan dengan banyak orang yang memiliki jenis kesukaan yang berbeda dengan saya dan membaca serta menyelami genre-genre yang mereka sukai (dan bukan saya banget) ini benar-benar menarik.

Yang jelas, tahun depan saya mau membaca lebih banyak lagi, mau mencoba lebih banyak genre yang selama ini saya hindari, mau bertemu dengan banyak penulis dan tokoh-tokoh fiksi yang siap bikin saya jatuh cinta<3

Tahun depan saya juga mau pasang budget Rp500.000,- saja baik untuk beli buku atau langganan di aplikasi baca online bisa gak ya? Bisa lah ya~

Saya punya rencana baru boleh beli buku kalau udah selesai baca 5 buku sih. Beberapa waktu lalu saya habis mengunduh banyak buku di torrent dan ada rencana mau menyelesaikan semua buku itu dulu mulai tahun depan sebelum mulai membeli atau langganan di aplikasi baca online. Bisa lah ya(?) Bisa lah Mai pasti!

Soal resolusi nabung 1 buku 1 lembar uang….kayaknya gak saya lanjutin lagi deh tahun ini wqwq. Susah euy, mending nabung seperti biasa saja xD

Haaah, terima kasih untuk banyak orang yang sudah memperkenalkan saya dengan banyak buku menarik yang sudah saya baca tahun ini. Terutama untuk teman-teman dari twitter dan goodreads. Tanpa kalian, mungkin saya masih akan tenggelam dalam genre yang gitu-gitu saja~

Lofyu all ❤

Sampai jumpa di catatan membaca tahun depan!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s