[Review] Ice Cream murah Glico vs Aice

Beberapa bulan yang lalu, ibu saya yang bekerja sebagai seorang guru pulang dari sekolah sambil membawa beberapa potong es krim kemasan dalam berbagai macam bentuk dan juga kemasan yang menggoda. Ibu saya bilang, ada supplier(?) yang mendatangi sekolah-sekolah untuk memasarkan es krim ini, Aice.

Tak lama berselang pada suatu sore setelah saya pulang kerja, saya dikagetkan dengan adanya benda baru di warung depan rumah saya. Ada box es krim Aice yang membuat saya langsung menghampiri dan saat saya tanya harganya…mata saya langsung melotot percaya dan berakhir dengan saya yang memborong setiap rasa dari es krim itu masing-masing 1 buah xD

Untuk sejarah es krim Aice-nya sendiri saya kurang tahu ya. Yang jelas produk ini dari Singapura dan memiliki produksi sendiri di Indonesia tepatnya di Tangerang. Es krim ini tidak ditemukan di minimarket gitu. Sasaran jualannya dia sepertinya warung-warung rumahan dan sekolah karena harga produk yang dia tawarkan cukup murah (es krim termahal harganya gak sampai 10.ooo!) dan juga memiliki klaim menggunakan produk alami dan tetap memiliki gizi.

box penjualan es krim aice yang menggodaaa xDD

 Selang beberapa minggu kemudian, saat sedang berbelanja di sebuah minimarket yang berwarna merah, saya menemukan box es krim yang juga berwarna merah dan terdapat di pojokan minimarket tersebut. Box es krim dari Glico. Wah, pikir saya kali itu. Ini pertama kalinya saya melihat box tersebut dan seingat saya Glico tidak mengeluarkan varian es krim,,atau baru?

Segera saya hampiri dan di atas box-nya tertempel poster berbagai macam varian beserta harganya. Harganya murah-murah meskipun masih lebih murah Aice. Harga termahal dari Glico sendiri Rp18.000 sementara dari Aice, gak ada es krim yang harganya lebih dari Rp10.000. Tapi karena terlanjur penasaran dan pas saya hitung varian rasanya hanya sedikit ya sudah saya beli semua rasa setiap varian satu.

Dan pada review kali ini saya akan mencoba mengulas dan juga membandingkan semua produk dan varian serta rasa yang dimiliki dari 2 es krim murah ini, Aice dan Glico.

Aice

Aice Rasa Strawberry dan Chocolate.

Ini harganya paling mahal ya. Lupa berapa antara Rp4.000/4.500,-. Produknya bentuknya…apa ya jenis begini itu xD. Serut(?) Ya pokoknya sejenis itu lah hhe. Hanya ada 2 varian rasa (kata pihak agennya). Rasanya cukup enak. Gak terlalu manis banget dan rasanya juga gak bikin lidah gatel.

Aromanya sendiri juga gak terlalu kencang dan bikin pusing gitu. Saya pernah makan es krim pinggir jalan rasa strawberry. Ampun, baunya bikin saya takut jangan-jangan es krimnya bahaya hwhwhw. Enak!

Aice Rasa Jagung

Duh ini jadi kesukaan saya banget. Kalau kalap, dalam satu jam mungkin bisa makan lebih dari 5 saking enaknya. Bikin kenyang pun hhhh.

Es krimnya berbentuk stik. Lalu es krimnya dibungkus cone dalam bentuk jagung gitu. Lucu, unik dan enak banget. Rasanya juga gurih gitu. Banyak orang yang bilang rasa ini enak tapi bikin gigi ngilu kalau dimakan walaupun udah nunggu gak begitu dingin. Tapi saya baik-baik aja sih.

Oiya, satu lagi yang membuat menarik dari produk Aice ini, es krimnya beneran mirip sama bungkusnya!. Contohnya ya si jagung ini, kesukaan banget!

Aice Banana Crispy

Saya kira bentuknya bakal kayak pisang gitu ya gak taunya nggak xD. Berbentuk stik berwarna kuning dengan aroma pisang yang langsung tercium dengan sangat jelas saat kita buka. Rasanya beneran mirip pisang banget. Es krim ini dibalut dengan cairan (gatau namanya apa) yang kalau kita gigit akan berbunyi ”kriuk kriuk” gitu, Ya namanya juga banana crispy xD

Aice chocolate crispy

Ini sama kayak banana crispy ya. Dibungkus dengan coklat dan kacang yang kalau digigit bakal menghasilkan bunyi ”krauk krauk”. Di dalamnya ada kacang almondnya juga. Sklebat ini mengingatkan saya sama magnum sih walaupun ukurannya beda. Varian ini gampang habisnya. Biasanya langsung habis sama saya dalam 3x gigit xD

Aice es stick Semangka

Ini lucuuu dan enaaak. Bentuknya mirip sama bungkusnya haha. Kayak potongan semangka gitu. Rasanya juga segar seperti semangka. Cuma choco chipsnya kadang bikin haus. Ini sama kayak yang chocolate crispy, digigit 3x langsung habis xD

Aice Strawberry Crispy.

Berbentuk stik dengan varian rasa gabungan vanila-strawberry. Rasa strawberry-nya baru ada di dalam setelah kita gigit. Rasa vanillanya lebih dominan dan entah kenapa menurut saya ini rasanya terlalu manis heuheu.

img_20170110_190348

Aice Toffie Koffie

Ini rasa kopi. Bau dan rasanya mengingatkan saya pada kopi ABC moka. Lumayan enak tapi karena saya bukan peminum kopi ya jadi jarang beli yang ini. Kalau makan yang ini lebih cepat lagi, biasanya hanya dalam 2x gigit langsung habis wqwq

img_20161225_171706

Aice Bingo Susu Coklat.

Ini berbentuk stik agak kecil gitu. Sedikit mengingatkan sama es goyang. Rasanya juga lebih lembut. Di bungkusnya tertulis rasa susu lapis coklat, tapi saya lebih ngrasani rasa coklatnya. Enak. Dan ini juga bikin kenyang. Makan 2 bungkus biasanya saya bisa langsung kenyang gitu.

Aice Mango Squash

Ini varian pertama yang saya makan karena penasaran sama rasa dan bungkusnya. Asli, lucu dan menggoda banget. Dan rasanya..ugh jangan ditanya. Mirip mangga muda banget haha. Kadang kalau terlalu dingin, gigi saya bisa ngilu banget sampai bikin saya harus diam beberapa menit baru lanjut makan lagi. Tapi enak. segerrrrr banget. Juara sih ini.

img_20161231_122117

Aice Nanas

Ini rasanya ampun-ampunan ya. Saya gak pernah kuat makan ini. Persis kayak makan nanas banget. Rasanya, aromanya, bikin ngilu giginya hhh. Dan perihal aromanya sendiri cukup menganggu saya ya. Entah mengapa saya merasa aromanya terlalu kuat. Dan kalau habis makan ini saya malah jadi haus gitu. Tapi segar. Cocok dimakan siang-siang saat musim panas*apaan

Aice Funky Milky

Ini rasa susu. Dan dari semua varian, gatau kenapa kayaknya ini yang paling kecil banget. Trus gampang patah dan cepet meleleh juga. Kalau makan ini pun biasanya saya cuma sekali caplok xD. Rasanya khas susu banget. Dan karena saya gak suka susu jadi kadang cukup eneg. Di lidah saya rasanya juga terlalu manis banget heu.

Dan itulah varian rasa dari es krim Aice. Kayaknya sih masih ada yang lainnya tapi yang sering ada di warung dekat rumah saya hanya itu. Nanti kalau ada lagi akan saya tambahkan. Varian kesukaan? Jagung!

Harga masing-masingnya berapa saya lupa ya, karena saya kalau beli gak pernah satuan. Pokoknya total semua di atas waktu saya beli itu Rp23.000,- saja.

Glico

Glico Waku waku choco bomb

Ini rasa cokelat biasa yang dikemas dalam bentuk stik. Dan yang menarik, seperti yang terlihat dalam bungkus, ada hidden treasure setelah kita gigit es krim ini bakalan ada ”lava” rasa cokelatnya gitu. Enak deh. dan cukup banyak juga. Biasanya kalau makan ini langsung saya gigit bagian atasnya, trus saya sedot cokelat di dalamnya baru di lanjut makan sampai habis hhe. Enak banget. Manisnya gak manis banget dan kayak ada rasa susunya gitu. Suka!

Glico Waku waku Happy soda

Ini rasanya beneran kayak soda gitu. Nyetrum-nyetrum dikit. Sama seperti yang rasa cokelat, begitu di gigit dia juga punya ”lava” tersembunyi. Saya kurang tau ini apa sih, kayak vanilla gitu tapi ada manis strawberrynya juga. Enak juga cuma lebih suka yang cokelat hhe.

Glico Frost Bite

Ini persis banget kayak Glico Choco crispy. Tapi menurut saya ini lebih enak walaupun ukurannya lebih kecil dan sekali lahap langsung habis xD. Tapi enak aja gitu, kacangnya banyak dan gak bikin haus. Trus crispynya juga terasa banget.

Glico Waku waku water melon

Glico juga punya varian semangka ya. Tapi dia bentuknya stik. Choco chipnya sedikit (gak terlalu masalah sih) dan rasanya menurut saya kurang semangka banget. Tapi bisa dimaafkan dengan adanya ”lava” yang muncul setelah kita gigit. Enaaak.

Glico J cone

Ini sedikit mengingatkan saya sama es krim produk sebelah yang edisi taylor swift yang banyak ”kejutan” tersembunyinya itu. Soalnya di tengah dan di dasar es krim ini ada kejutan rasa tambahannya gitu. Rasanya crispy dan enak banget juga. Cuma ya itu, selesai makan ini pasti jadi haus, haha

Glico Haku Waffle

Ini bentuknya lucuu. Mungkin kalau dibandingkan sama Aice, ini tuh bisa disandingkan dengan varian Jagung kali ya. Es krimnya dibungkus cone dalam bentuk waffle gitu. Rasanya enak dan bikin kenyang. Makan ini 3 bungkus biasanya saya langsung merasa kenyang. Rasanya pas, gak terlalu manis dan gak bikin haus juga setelah dimakan.

Glico Frost bite tiramisu

Ini enaaak. Rasanya kayak kue tiramisu beneran. Pas makan ini pertama kali saya nangis kayak kok bisa mirip banget sama kuenya huhu. Sukaaa, walaupun sebenarnya ini terlalu manis sih hh. Tapi asli, ini mirip banget sama kuenya. Wajib dicoba sih. Tapi ini paling mahal harganya..</3

Kayaknya sih itu aja varian rasa dari Glico. Dan total untuk semua es krim Glico yang saya beli waktu itu harganya Rp34.500. Lebih mahal banget. Dengan harga segitu mungkin saya bisa nambah 3 es krim rasa jagung dan 1 rasa semangka lagi dari Aice hwhw

Meski begitu, karena Glico tersedia di minimarket, jadi bisa dibilang dia masih tetap yang paling murah dibandingkan dengan es krim toko lainnya. Jadi ya, pilihan kembali lagi kepada anda mau mencoba yang mana.

Untuk Aice sendiri ini masih lumayan susah dicari ya. Saya sendiri kurang tau kenapa mereka tidak menjual di minimarket. Tapi setahu saya, mereka membuka kesempatan lebar kalau mau jadi reseller. Coba saja buka web Aice Indonesianya langsung dan lihat persyaratan untuk jadi resellernya.

Sementara Glico, saya beberapa kali menemukan di minimarket yang berwarna merah sih. Jadi coba saja cari!

Sampai ketemu di review makanan dan lainnya lagi!

UPDATE

Beberapa waktu lalu, ada varian baru dari es krim Glico dan Aice ini. Ini review tambahannya. Masih belum semua sih xD

Sebenarnya saya mau menunggu sampai semua varian barunya sudah saya coba. Tapi sepertinya bakal lama karena di warung pun cepat habis. Jadi akan saya review yang sudah saya cicip dulu ya!

Glico Haku Greentea

Produk ini mirip magnum tapi tanpa tambahan topping kacang. Dikemas dalam plastik kemasan dan kardus kotak kecil yang cukup tebal. Saya waktu itu beli ini sekitar pukul 4 sore. Trus selama perjalanan dari minimarket ke rumahnya itu kejebak macet. Sampai rumah ternyata mati lampu sementara es krim ini mau saya makan buat buka puasa. Itu selama menunggu 2 jam es krimnya nggak meleleh lho. Walaupun akhirnya pas saya makan langsung lumer di mulut gitu hehe.

Soal rasa…hm…awalnya enak, tapi lama-lama eneg dan pait gitu xD. Greenteanya terlalu kental dan aromanya juga cukup menyengat. Saya bukan fanatik greentea jadi ya saat sudah seperempat bagian es krim ini saya langsung mulas karena gak tahan dengan bau dan rasanya hhh. Tapi cukup enak kok!

Glico Haku Choco Crunchy

Ini sama persis seperti Haku Greentea. Bedanya ini rasa coklat dan ada taburan kacangnya juga. Sayang taburan kacangnya sedikit, dan kacangnya juga kacang biasa. Malah bikin gatal tenggorokan gitu. Saya kurang suka sih.

Glico Haku Choco Claassic

Ini mirip Magnum juga. Lagi-lagi saya kurang suka karena bau cokelatnya terlalu kencang. Dan entah kenapa varian yang ini terlalu berminyak banget trus bikin eneg. Entah karena saya maraton makan 3 varian rasa berbeda ini langsung atau karena memang rasanya yang agak aneh, yang varian ini tidak saya makan sampai habis xD. Nggak kuat. Baunya terlalu kencang dan coklatnya terlalu berminyak.

Greentea – Choco Crispy – Classic.

Glico Mini J Cone

Ini cone versi…nanggung kayaknya. dibilang mini nggak, dibilang medium juga nggak. Porsinya nanggung banget. Bikin seger nggak, bikin kenyang juga nggak wqwq. Varian rasa ini rasa coklat ya. Dan ugh, plastik cone-nya itu menempel dengan erat banget. Itu bisa dilihat di gambar atas, esnya sampai mbleber karena kemasan susah dibuka sampai-sampai esnya meleleh.

Saya kalau makan es krim cone kemasan begini lebih enak dibuka semua kemasannya dulu baru dimakan soalnya. Rasanya jadi lebih enak aja gitu sih wqwq. Cone es krimnya cukup garing dan gurih. Dan ada kejutan tersembunyi di bagian bawah esnya. Enak tapi pas udah habis langsung jadi haus.

Krim yang full sampai bawah + kejutan cokelat di bagian dasar cone

Aice Happy Cone

Akhirnya Aice mengeluarkan varian Cone!

Ukurannya juga sama kayak yang punya Glico ya, nanggung. Trus pertama tak kira itu cone-nya juga mirip glico. Tapi ternyata nggak xD.

Cone es krim dari Aice ini bentuknya tipis kayak roti dan mirip cone es krim aice jagung. Enak tapi juga jadi kurang greget karena es krim cone itu bukannya lebih enak yang garing gitu(?) Tapi ya gak masalah juga sih hehe. Varian rasa yang saya coba adalah blueberry. Lumayan enak dan segar. Untungnya juga aroma blueberrynya tidak terlalu menyengat. Yang mengecewakan, es krimnya gak sampai full dan gak ada kejutan tambahan di dasar cone-nya hhe 😥

Es krim yang lembut, padat dan cone yang mirip seperti cone Aice jagung

Aice Durian Cup

Waktu menemukan ini saya senang banget karena INI VARIAN DURIAN COY!

Ukuran cupnya sedang ya, tidak terlalu besar ataupun kecil (tapi lebih besar dari varian cup Aice yang lain). Dikemas dalam cup berwarna putih dengan tekstur kemasan yang menurut saya cukup terlihat mahal dan packing yang kuat. Harganya berapa saya lupa, tapi nggak sampai Rp8000 deh kayaknya.

Rasanya? DURIAN ABISSS!

Wanginya, rasanya…ugh, sumpah pas makan ini saya nangis hhh

Rasa duriannya itu mirip durian banget sampai saya bergumam sendiri ”ah, kurang biji duriannya nih biar greget” wqwq. Bau wanginya nggak menyengat banget dan selesai makan juga, mulut kita gak meninggalkan bau. Tapi meski begitu saya tetap menyarankan agar tidak mengkonsumsi ini di tempat umum untuk menghormati orang-orang yang tidak suka bau durian hehe.

Oiya, Aice ternyata juga mulai mengganti beberapa kemasan varian es krimnya. Waktu itu saya menemukan varian ini yang sudah berganti kemasan baru.

Kemasan barunya Aice ini plastiknya lumayan tebal gitu ya. Kalau yang lama itu kemasannya agak tipis sampai-sampai saya suka takut es krimnya patah saat memegang es krimnya sembarangan. Desainnya juga sederhana sehingga menimbulkan kesan mewah.

Cuma saya kurang suka xD

Tapi ya lagi-lagi masalah selera hehe

Itu saja untuk update saat ini. Nanti kalau ada varian terbaru lain yang sudah saya cicipi akan saya tambahkan!

Advertisements

16 comments

    1. waktu itu pas saya makan memang udah agak cair. jadi ukurannya yang memang sudah kecil jadi makin kecil. trus ya memang langsung hap sekali caplok gitu xD

      hamdallah gigi saya cukup kuat sih jadi gak begitu puyeng banget.

      Cobain! sekali2 harus coba beraniin makan sesuatu dengan cara yang berbeda (selama masih aman). seru lho! xD

      btw, terima kasih sudah mampir ya!

      Like

  1. Wah, senangnya ada yang ngereview es krim. Sungguh beruntung kita punya pilihan selain Walls & Campina, murah pula. Menurutku Chocolate crispy Aice lebih mirip Feast-nya Walls. Aice jagung itu juga enak banget dan gak biasa. Btw, aku cowok yang gak malu kalo aku penggemar es krim di saat kawan2ku lebih doyan rokok dan kopi.

    Liked by 1 person

    1. Halo!

      Saya juga suka yang rasa jagung, hehe

      Dan ah, menurut saya gak ada hubungannya sih antara gender dengan kesukaan makanan😅

      Baik penyuka rokok, teh, kopi, es krim, semuanya sama saja😆

      Like

  2. Nais article..
    Seru banget baca nya..

    Ada masukan sih..
    Artikelnya sudah bagus
    Namun karena artikel komparasi
    sepertinya akan lebih informatif kalau disertakan harga masing masing es krim sekalian

    Supaya pembaca bisa mengira ngira rasio harga / rasa dan membandingkan nya dengan harga dari kompetitor

    After all..
    Good job

    Liked by 1 person

    1. Halo!

      Terima kasih karena sudah mampir!.

      Ini tidak saya cantumkan harga karena waktu itu belinya langsung borong dan gak sempat tanya harga satuannya.

      Tapi mungkin nanti akan dipertimbangkan dan saya edit,hehe.

      Terima kasih untuk sarannya ya!

      Like

  3. Selain cone taro, aice juga masih punya lagi produk yang cone… Ukurannya lebih besar.. Rasanya coklat vanilla… Coba deh di review… Yang cup juga, selain coklat sama strawberry, masih ada yang rasa vanilla,, thx

    Liked by 1 person

  4. aku suka banget sama Glico Wings. semua varian rasa udah aky coba, enak banget. sekarang aku mulai berburu varian AICE, pengen tau rasa & kualitasnya

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s