2 hari seru bersama Goodreads Indonesia di #IRF2016

251.jpg

Pada 10 dan 11 Desember lalu, saya mencoba berkunjung ke Festival Pembaca Indonesia 2016 yang diadakan oleh Goodreads Indonesia di Museum Nasional Indonesia, Jakarta. Acara ini sendiri sebenarnya sudah diadakan sejak 2011 silam dan ini adalah kali pertama saya datang. Tahun lalu sebenarnya sudah berminat datang tapi lokasinya terlalu jauh dari rumah dan kendaraan menuju kesana juga susah.

 Hari Pertama

Hari pertama saya datang pukul 13.00 siang setelah pulang kerja. Situasi saat saya datang kebetulan cukup ramai dan ada beberapa rombongan pengunjung dari sebuah sekolah TK yang berpapasan dengan saya. Saya baru datang sementara mereka sudah mau pulang.

Setelah meminta buku petunjuk tentang daftar acara dan klaim hadiah kuis yang diadakan di twitter beberapa hari sebelum acara, saya pun bergegas masuk dan mendatangi booth Blind Date yang langsung terlihat saat masuk ke ruangan.

img_20161209_155935

buku yang saya bawa dan siap ditukar untuk bookswap & blind date
img_20161210_131824

booth blind dateimg_20161210_131812

2 buku ”kencan” saya

Apa sih bookswap dan book blind date itu?

Bookswap dan Book blind date adalah acara tahunan yang sering digelar di acara ini. Kalau bookswap, akan disediakan sebuah meja yang cukup lebar dan nanti ada beberapa buku yang tersedia. Kita bebas memilih dan jika ada yang kita suka, bisa kita ambil dengan syarat 1 buku kita ambil = kita ganti dengan 1 buku milik kita yang lain.

Blind date tidak jauh berbeda. Aturannya juga sama. Bedanya di blind date, buku-bukunya terbungkus rapi dan ada beberapa clue sementara kalau bookswap bukunya tidak terbungkus jadi kita bisa baca sinopsisnya sedikit.

Ada juga bookwar dan kotak rahasia. Dari panitia akan diadakan lelang kotak rahasia dengan sistem pembayaran menggunakan buku. Nantinya buku-buku hasil pembayaran itu akan dibagikan di acara bookwar. Bookwar hampir sama seperti bookswap bedanya buku-buku yang tersedia ada beberapa yang mungkin baru terbit atau hits. (kira-kira seperti itu penjelasannya).

Saat sedang asyik memilah buku, tiba-tiba ada seseorang yang memanggil saya. Kaget, saat saya menoleh ternyata mbak Marina, salah satu teman yang saya kenal di Goodreads. Sempat kaget karena saya dikenali, padahal dulu kata beberapa orang foto selfie dan wajah asli saya lain xD

Kami pun berkenalan dan bertanya dapat buku apa saja. Saya sempat kaget karena saya pikir mbak Marina ini berhijab (saya belum pernah lihat fotonya) tapi ternyata tidak. Mbak Marina lucu btw, pipinya gemesin juga. Ah, sayang sekali kami lupa foto bersama 😥

Saya pun diajak berkeliling karena kebetulan Mbak Marina sudah lebih dulu datang. Kami sempat main ke beberapa booth, salah satunya di booth kaskus. Main kuis tentang buku gitu.

Pas mengerjakan beberapa soal disitu, saya dan mbak Marina saling membantu. Yang nyebelin, beberapa buku yang muncul di mbak Marina sudah saya baca, sementara buku-buku yang muncul di kuis milik saya hanya 2 saja yang sudah saya baca. Sisanya saya jawab asal-asalan xD. Poin kami berdua sama-sama 40 (dari 10 soal) dan kami mendapat hadiah note kecil dan stiker.

Setelah itu kami berkeliling lagi, bertemu dengan mas Abduraafi dan mbak Hesti juga. Mbak Hesti ini kebetulan sudah pernah ketemu dengan saya di acara Rumah Perubahan dulu.

Sekitar pukul 15.00, mbak Marina akhirnya pamit, mas Raafi sibuk mengurus stand miliknya sisa saya berdua dengan mbak Hesti. Kami pun melipir ke panggung utama  untuk menonton talkshow dan peluncuran buku terbaru mas Adhitya Mulya.

img_20161210_160445

Selesai talkshow, ada kuis singkat berhadiah 1 buku gitu. Nah saya berhasil mengangkat tangan yang pertama tapi salah jawab T_T. Padahal lumayan dapat 1 buku 😥

Dan acara hari pertama selesai. Saya dan mbak Hesti juga sempat foto bareng walaupun hasilnya kacau karena saya terlalu tegang wq. Saya jarang-atau bahkan nyaris tidak pernah foto bareng teman soalnya. Saya lebih suka dikenang lewat ingatan. Bukan foto hhe. Foto sama sahabat saya aja jaraaaaaang banget. Jadi ya pas diajak sama mbak Hesti, saya beneran tegang banget wq.

img_20161210_161415

terlalu tegang, wajah gak enak banget jadi di sensor wq

Hari kedua

Hari kedua ini saya datang lebih pagi. Niatnya pengen ikut bioskop baca nonton Little Prince tapi tidak keburu. Saya datang bersama salah satu sahabat saya yang suka membaca walaupun akhir-akhir ini katanya sudah jarang membaca. Begitu tiba kami langsung melipir ke bagian bookswap yang ramai.

img_20161210_141147img_20161210_141259

asyik memilih

Setelah menyusuri koleksi di meja bookswap, kami pun berkeliling dan sahabat saya belanja notebook di booth GPU. Kami juga sempat main ke booth Buku Berkaki. Ikut kuis tebak judul buku dan penulis gitu dan menang!. Dapat 1 hadiah buku hehe.

booth buku berkaki yang ramai terus

Hadiah yang langsung di swap dengan buku lain karena kurang suka dengan genre-nya xD

Setelah puas berkeliling, kami pun istirahat makan siang + shalat sebentar dan mampir ke Bioskop baca untuk menonton film The 100-year old man who climbed out the window and disappeared. Saya sudah baca bukunya dan sangat terkesan sekali. Trus saya juga baru tahu kalau ini sudah dibuat film. Soalnya cari download-annya tidak ada.

Eh pas sampai bioskop baca ternyata jadwal tayangnya ditukar. Yang diputar duluan yang film The old man who read love stories. Sempat bimbang antara mau nonton atau tidak dan akhirnya menonton.

Filmnya lumayan menghibur dan seru. Trus setelah film selesai ternyata ada kuis dan sahabat saya bisa menjawab pertanyaan yang ada dan dapat hadiah buku The Martian.

bhoo2mbv.

serius nonton sambil lesehan dan foto bareng panitia Bioskop Baca saat dapat hadiah

Selesai nonton saya sempat bertemu dengan Mbak Hana, teman dari Goodreads juga. Tapi kami tidak mengobol banyak dan lagi-lagi lupa foto bareng xD.

Tidak lama berselang, panitia mengumumkan bahwa akan diadakan Kotak rahasia dan bookwar sesi ke-2. Saya dan sahabat saya bingung antara ikutan acara ini atau lanjut ke bioskop baca untuk nonton. Tapi akhirnya kami memilih untuk ikut bookwar.

Sebelum dimulai, diadakan lelang buku terlebih dulu dan kotak rahasia itu terjual dengan 165 buku. Acaranya seru dan menegangkan banget. Jadi punya keinginan baru pergi ke balai lelang untuk menonton keseruan tawar menawar gini hhe.

menghitung buku hasil lelang

img_20161211_144759

bersiap menunggu distribusi buku hasil lelang untuk bookswap dan bookwar

img_20161211_150551img_20161211_150711

bookwar dimulai. Asli rusuh banget. Teman saya sampai terdorong keluar-masuk-keluar-masuk beberapa kali wqwq

Saya tidak ikut berpartisipasi dan sibuk mengamati dan menerima buku dari teman saya saja. Dan karena pada dasarnya teman saya tidak tau buku apa yang sedang ”in” akhir-akhir ini, dia jadi asal ngambil dan buku-bukunya gak ada yang kami sukai. Jadi semacam sia-sia ikut berebut xD

img_20161210_224537img_20161211_183748

buku hasil bookswap dan blind date. buku hasil bookwar sudah ditukar dan ada yang disumbang ke panitia karena tidak tertarik kami baca.

Secara keseluruhan acaranya sangat seru. Senang bisa bertemu banyak orang baru dan mendapat buku-buku seru juga. Kekurangan dari acara ini mungkin karena tidak ada booth penjual makanannya kali ya. Ada sih yang jualan 1, tapi makanannya cepat habis terus. Kalau mau beli makanan cukup PR juga mengingat lokasinya di museum dan kalau keluar dari museum pun tidak ada warung ataupun minimarket terdekat.

Tahun depan kalau dikasih umur pasti saya akan mampir kesini lagi. Sekalian bertemu dengan teman-teman dari goodreads juga. Semoga dikasih umur panjang ya!

Aaah, gak sabar nunggu tahun depan rasanya xD

bonus: Selfie dengan buku terbaik yang saya baca tahun ini. Yang membantu saya untuk bangkit dan menjadi orang baru :3

img_20161211_102539

Advertisements

3 comments

  1. Halo Mai, kita sempat kenalan di IRF kemarin, semoga masih inget hehe.. Aku Eya yang kemarin bareng Hana 😀
    Horor lihat book war nya kemarin hahaha, semuanya bersemangat banget kayaknya haha. Semoga tahun depan bisa dateng lagi ke IRF, acaranya seru banget 😀

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s