Sehari bersama #CleanUpJakartaDay2016 #CleanUpJKTPusat

Pada 16 Oktober pukul 7 pagi kemarin, saya mengikuti kegiatan Clean Up Jakarta Day Jakarta pusat yang berlokasi di Taman Lapangan Banteng, Jakarta. Ini adalah kali pertama saya mengikuti kegiatan seperti ini dan saya mengetahui kegiatan ini dari laman twitter komunitas IndoRelawan.

img_20161016_063249img_20161016_063252

Meskipun cuaca pagi itu cukup mendung ditambah semilir angin pagi yang membuat mata dan badan ingin bergerak ke kasur, tapi antusiasme peserta Clean Up Jakarta cukup membuat saya semangat dan mati-matian mengusir kantuk.

Kalau tidak salah ingat, ada beberapa peserta yang berasal dari kantor yang sama, ada geng kuliah, ada geng masa sekolah hingga ada rombongan yang datang bersama keluarga lengkap. Mereka semua datang dengan semangat dan siap untuk berpartisipasi dalam membantu membersihkan kota Jakarta.

Sebelum mulai, peserta harus registrasi dulu ke panitia. Setelah itu mendapatkan beberapa perlengkapan ”tempur” seperti satung tangan, Pin Up, label nama dan karung sampah.

Karung yang polos digunakan untuk sampah yang tidak bisa di daur ulang sementara karung yang memiliki tanda ”V” akan diisi dengan sampah yang bisa di daur ulang.

Peserta dibagi menjadi empat kelompok berbeda dengan satu orang leader dari tim CleanUp Jakarta. Saya kebetulan masuk ke dalam kelompok empat. Per kelompok rata-rata hanya mendapat dua buah karung yang bertanda ”V” karena lebih banyak sampah yang tidak bisa di daur ulang di lokasi ini.

Setelah pembagian kelompok, pembukaan dan briefing singkat pembagian lokasi, tepat pukul 07.10 acara dimulai.

***

Tidak banyak yang saya ingat saat acara pengumpulan sampah dimulai. Saya segera lekas bergerak bersama seorang kenalan baru, Mbak Putri mahasiswi dari kampus UPI YAI. Kami berkenalan singkat dan memutuskan bergabung untuk berkeliling.

Karena sampah di taman Lapangan Banteng kebetulan sudah dibersihkan oleh petugas kebersihan, jadinya kami lebih banyak mengumpulkan dan mencari sampah-sampah kecil yang tidak tersapu seperti puntung rokok dan bekas tutup botol maupun sampah-sampah plastik kemasan kecil.

Setelah nyaris 30 menit berkeliling, saya dan mbak Putri akhirnya memutuskan hanya menggunakan satu buah karung saja untuk berdua karena sampah yang kami temukan sedikit sekali.

Pukul 8, saya dan mbak Putri mampir sebentar ke toilet umum. Saat sedang menunggu mbak Putri, saya sempat mengobrol sejenak dengan seorang penjaga taman lapangan Banteng, pak Dedi. Beliau mengatakan bahwa tadinya ia menduga bahwa bersih-bersih ini termasuk menyapu. Eh gataunya hanya memungut sampah saja.

Beliau sedikit menyayangkan acara ini karena terasa kurang maksimal karena di taman sudah dibersihkan dari sampah dan acara ini tidak memungut sampah dedaunan sementara sebagian besar kotoran di taman ini didominasi dari kotoran daun yang berguguran.

Saya terdiam.

Setelah obrolan singkat dan selesainya urusan mbak Putri di toilet, saya pun berpamitan dan kembali berjalan. Pukul 08.30 peserta CleanUp berkumpul lagi di titik awal.

Penempatan karung sampah di bagi menjadi 2. Yang bisa di daur ulang akan dikirim ke bank sampah untuk dibuat menjadi barang daur ulang sementara yang tidak bisa di daur ulang akan dibuang ke Bantar Gebang.

Sambil menunggu peserta lainnya berkumpu, panitia membagikan snack, memberitahu perihal tempat refill air minum serta membagikan tisu basah kepada peserta. Setelah itu ada sesi sharing pengalaman oleh beberapa peserta juga ucapan terima kasih dari tim IndoRelawan dan CleanUpJakarta, tidak lupa juga acara foto bersama sesama peserta.

Setelah sesi sharing dan foto bersama, perlahan cuaca berubah menjadi cerah ditambah sinar matahari pagi yang hangat di kejauhan. Hhh rasanya menyenangkan sekali. Sudah lama sekali rasanya saya tidak menikmati matahari pagi seperti ini hhe

img_20161016_081203

Ketika matahari semakin panas, panitia pun mengumpulkan pesera kembali untuk ucapan dan salam penutup sambil foto bersama. Saat sedang foto bersama, tiba-tiba di kejauhan datang beberapa anggota dari kelompok 1 yang baru bergabung. Mereka datang dengan kondisi karung yang super penuh!

Saya sangat kagum dengan semangat dan dedikasi mereka. Ibarat pepatah, ”pantang pulang sebelum karung penuh” XD. Peserta lain pun memberikan tepuk tangan dan segera membantu membawakan karung juga memberikan snack, minuman dan tisu basah. Dan akhirnya foto bersama lagi untuk terakhir kalinya dan langsung pulang.

img_20161016_083908

Saya sendiri tidak ikut foto-foto. Ikut yang pertama kali saja sebelum acara dimulai. Waktu penutupan saya lebih memilih berdiri bersama tim dokumentasi untuk keperluan blog ini walaupun fotonya pun juga asal XD

Setelah berpamitan dengan mbak Putri (tanpa saling bertukar sosial media, duh lupa T_T), saya segera pulang naik transjakarta dan tepat pukul 11 saya sampai di rumah, langsung cuci tangan dan kaki dan lanjut tidur dan baru terbangun lagi pukul 3 sore Xdbb

Secara keseluruhan acara Clean Up Jakarta Day ini menyenangkan. Selain sebagai olahraga di pagi hari, acara ini juga bisa dijadikan sebagai sarana bertemu banyak calon teman baru.

Saya sendiri belajar ketelitian di acara ini. Saya sering lupa apakah jenis sampah ini masuk ke kategori mana. Tapi untung saya hanya salah 1x dan sekarang ketika tulisan ini saya buat, saya sedang mencoba menerapkan apa yang saya dapatkan kemarin dalam kehidupan saya, mencoba memisahkan jenis-jenis sampah šŸ˜€

Ah, rasanya tidak sabar untuk mencoba kegiatan relawan lain dan acara Clean Up Jakarta tahun depan. Tentunya saya akan mengajak banyak teman dan saudara untuk bergabung juga untuk menyebarkan ”virus” kebersihan ini!

Terima kasih atas pengalaman tak terlupakannya, IndoRelawan dan CleanUpJakarta!

Leave a Reply

