[Review] Petal Dance (2013)

Setelah Su ki da, kali ini saya ingin membuat review film Petal Dance yang kebetulan dibuat oleh sutradara yang sama, Hiroshi Ishikawa. Saya sendiri lebih dulu menonton Petal Dance tapi waktu itu belum ”keranjingan” menulis review. Jadi setelah menonton ulang lagi Petal Dance dan mencoba mengingat ”rasa” yang pernah hadir saat menonton film itu untuk yang pertama kali dulu, kali ini saya akan mencoba sedikit mengulasnya.

petal-dance-2013_0

Menceritakan tentang Jinko (Aoi Miyazaki) dan Motoko (Sakura Ando) yang memiliki teman kuliah, Miki (Kazue Fukiishi) yang saat ini sedang berada di rumah sakit karena mencoba melakukan percobaan bunuh diri dengan cara melompat ke laut. Keduanya akhirnya memutuskan untuk mengunjungi Miki meskipun Jinko dan Motoko sendiri masih bingung apakah menjenguk Miki merupakan pilihan yang benar karena mereka sudah hampir 6 tahun tidak bertemu dan bertukar kabar.

Di lain tempat, ada Haraki (Shiroi Kutsuna) seorang gadis yang bekerja di sebuah toko baju yang baru saja kehilangan pekerjaannya karena tiba-tiba saja bosnya pergi tanpa ada kabar ataupun mengucapkan selamat tinggal. Selain masalah pekerjaan, ia juga sedang baru saja kehilangan sahabatnya yang juga tiba-tiba menghilang tanpa kabar ataupun berpamitan. Ia merasa sedikit tersakiti karena orang-orang yang penting baginya pergi begitu saja dari hidupnya.

Beberapa hari sebelum hari keberangkatan Motoko dan Jinko untuk mengunjungi Miki, Jinko mendapat kecelakaan kecil. Jemarinya retak saat ia mencoba menyelamatkan Haraki yang ia duga hendak melakukan percobaan bunuh diri dengan melompat ke dalam rel kereta. Padahal sebenarnya Haraki tidak ingin bunuh diri. Sebelumnya, Haraki dan Jinko sudah pernah saling bertemu di perpustakaan tempat Jinko bekerja saat Haraki meminjam buku tentang kekerasan.

Karena merasa bersalah dan memiliki waktu luang setelah kehilangan pekerjaan, Haraki akhirnya memutuskan untuk menawarkan diri menggantikan Jinko mengemudikan mobil ke tempat Miki. Dan akhirnya perjalanan mengunjungi Miki pun dimulai.

559c478e30070068cc85ef136554d443b50ce666b552b3c5790d8ce0f964f8a7

Bila dijelaskan secara singkat, Petal Dance menceritakan tentang 4 orang wanita yang dipertemukan dengan masalah masing-masing dan kemudian telibat dalam sebuah perjalanan singkat yang mampu mengubah suasana atau sudut pandang masalah mereka.

Ada Jinko yang sedang memiliki masalah dengan kekasihnya, Motoko dengan mantan suaminya, Miki dengan masalah jiwa dan perihal percobaan bunuh diri yang ia lakukan dan Haraki yang kehilangan pekerjaan juga sahabat baiknya.

Film ini benar-benar sangat memanjakan mata saya dan meski minim dialog dan saya tidak mengecek review ataupun sinopsis terlebih dulu untuk mencari tau film ini tentang apa, saya langsung bisa paham setelah pertama kali menonton.

4/5 bintang saya berikan untuk film ini. Meski belum pernah mengalami langsung kehilangan seseorang yang begitu dekat dengan saya seperti Haraki, saya bisa merasakan bagaimana kondisi dan perasaan Haraki dengan baik.

Alasan lain saya memberikan 4 bintang adalah karena pemainnya juga tak kalah memanjakan mata. Haraki (Shiroi Kutsuna) mencuri perhatian saya dengan penampilannya sebagai gadis dari kota kecil yang polos dan sedih karena kehilangan sahabat terbaiknya. Wajahnya yang sendu juga mendukung banget. Gemas ❤

Hal lain yang saya suka adalah latar tempatnya. Jika di film Su ki da saya disuguhkan dengan suasana kota kecil dengan latar sound fx suara jangkrik musim panas, katak dan gemericik angin, maka di film ini saya dimanjakan dengan latar suara deburan ombak dan hembusan angin. Asli, selesai nonton ini saya langsung ingin ke laut yang sayangnya hanya kesedihan yang saya dapatkan.

Saya tinggal di seberang pantai Ancol persis yang sayangnya saya tidak bisa sembarangan datang kesana dan kalaupun saya kesana untuk mendengarkan suara deburan ombak seperti itu yang saya dapatkan hanyalah kesia-siaan. hhhhhh

Berkunjung ke laut dan pantai yang sebenar-benarnya dan mendengarkan suara deburan ombaknya masih dalam wishlist saya yang harus segera saya laksanakan agar supaya….

Hal lain (lagi) yang saya sukai dari film ini adalah perihal kostum. Sejak saya belum mengenal Jejepangan dengan baik, kiblat fashion saya adalah Jepang terinspirasi dari buku Ensiklopedia dan majalah wanita bulanan langganan saya. Bukan Jepang street style yang suka tabrak motif dan gaya gitu, tapi lebih ke warna-warna tanah dan saling tumpuk layer. Dan kostum di film ini sesuai gaya saya banget. Hm, mungkin karena pas juga setting lokasinya saat menuju peralihan musim dingin ke semi(?) jadi pakaiannya dobel layer gitu.

petal_dance-001petal-dance-2013-720p-bluray-x264-publichd-mkv_snapshot_01-17-51_2014-11-23_20-54-09tumblr_nhpv9ugmjk1tt92xko3_1280

Setelah nonton ini saya juga jadi ingin membeli celana dan jaket jeans serupa dan juga memanjangkan rambut agar rambut saya bisa dipermainkan oleh angin. Ya walaupun sekarang saya sudah berjilbab hhe.

Jadi 4 bintang untuk film ini bukan karena jalan ceritanya(?)

Hm, tidak juga sih. Jalan ceritanya juga menarik walaupun ketika saya diminta untuk membuat kesimpulan masih belum bisa. Pokoknya kalau ada yang bertanya pada saya ini film tentang apa maka akan saya jawab tentang kehilangan. Atau mungkin akan saya jawab, nonton sendiri aja biar tau wqwq

Bagus. Tidak bercerita melalui kata-kata tetapi melalui tindakan. Seperti cinta.

APAAN!

Salah satu film terbaik yang saya tonton tahun ini walaupun sebenarnya film yang saya tonton tahun ini nggak banyak-banyak banget. Intip sedikit trailernya disini

bonus scene kesukaan

*tambahan sedikit, satu hal lain yang membuat saya suka sama film ini adalah karena banyak percakapan yang bahasanya khas cah emo dan tumblr-esque gitu wqwq*

tumblr_nf4wdcipmn1rsyukao1_500tumblr_nfjgwa7vat1rsyukao1_500759fefbe317270db2bb42e405396f013

f29cd50f3c985b2e0634b7b30aeb38a3

Petal Dance

Silahkan mencari di lapak terdekat. Saya gatau ini unduh dimana soalnya waktu itu dapat dari kenalan hhe.

One comment

Leave a Reply

