[Review and Compare Product] Unbranded brush vs Eco Tools brush

cats

Jadi beberapa waktu lalu saya mencoba membeli brush set yang tidak memiliki merk di JakMall, dan kali ini saya mau mengulas produk tersebut. Tidak hanya brush itu, saya juga akan mengulas set brush lain yang saya miliki yang kebetulan hasil menang dari Giveaway, Eco Tools Essential Eye Brush Set. Giveaway pertama kali yang saya menangkan tidak berapa lama setelah saya membuat post 100list XD

capture-20160914-100802.png

Produk pertama yang akan saya ulas adalah 11 pcs brush bamboo set with pouch. Karena tidak ada kertas ataupun keterangan di gagang brush tentang kegunaan brush itu, akhirnya saya mengira-ngira sendiri sesuai petunjuk beberapa gambar di pinterest. 11pcs brush itu saya bagi ke dalam 2 jenis.

img_20160914_091554

Face brush yang terdiri dari,

Mini Kabuki brush: Ukurannya sangat mini tapi pas di tangan saya, bulunya lumayan tebal, gagangnya tidak terlalu licin sehingga walaupun mini, saat dipegang enak. Saya pakai ini untuk mengaplikasikan setting powder dan cukup memuaskan. Kabuki brushnya bisa mengangkat dan membaurkan bedak dengan baik. Kadang suka saya masukkan dalam travel bag untuk touch up sehari-hari kalau malas pakai spons.

Big Kabuki brush: Ini saya asal memberi nama ya XD. Tapi kalau dilihat dari bentuk brush-nya, ini bisa dinamakan sebagai powder brush juga. Saya lumayan suka juga sama yang ini untuk mengaplikasikan setting powder. Kalau yang mini kabuki sering saya bawa bepergian, kalau yang ini biasa saya pakai di rumah

Blush brush: Brush kesukaan! Dipakai untuk mengaplikasikan blush on sehari-hari dan baik kuas maupun bulu brushnya tidak mengecewakan.

Foundation brush: Sejak pertama kali beli, saya belum pakai sama sekali. Soalnya tidak pakai foundation dan lebih suka menggunakan beauty blender. Tapi brushnya cukup lebat dan sepertinya menjanjikan bila dipakai untuk liquid produk.

Flat Top brush: Flat top ini enaknya untuk membaurkan liquid produk, tapi kadang saya suka pakai ini untuk meratakan bronzer pas contour pipi wq. Genggamannya pas, daya baurnya juga top.

IMG_20160914_091605.jpg

detail face brush lebih dekat

img_20160914_091947img_20160914_091951

Eye brush yang terdiri dari (keterangan gambar dimulai dari bawah ke atas)

Brow brush: Karena sampai saat ini saya belum tertarik dengan produk alis, brush ini jadi belum saya lirik sama sekali.

Eye smudge brush: Brush ini terlihat sangat menjanjikan untuk membuat smudge eyeshadow look. Ketebalan brushnya sangat kuat. Tapi karena saya juga belum tertarik untuk bermain terlalu jauh dengan makeup mata, brush ini juga belum terpakai.

Eye blending brush: Ini biasa dipakai untuk nge-blend semua eyeshadow biar warnanya lebih rapi dan keluar. Biasanya dipakai di paling akhir saat pengaplikasian eyeshadow. Tapi karena saya jarang pakai eyeshadow yang macam-macam, saya akhirnya pakai brush ini untuk blend contour di hidung. Bisa dilihat di gambar atas, brush itu sendiri yang sudah kotor karena memang saya pakai setiap hari saat contour hidung. Dan hasilnya memuaskan.

Eye kabuki brush: Ini belum saya pakai juga ya. Bisa dipakai untuk pengaplikasian eyeshadow yang warna-warna terang di sekitar soket(?) mata.

Concealer brush: Ukurannya pas dan bisa menjangkau sudut mata saya dengan baik saat pengaplikasian concealer. Tapi (lagi-lagi) karena saya lebih sreg menggunakan beauty blender, brush ini belum saya pakai.

Dome blending brush: Ini bisa dipakai untuk membaur eyeshadow di daerah crease mata. Dan lagi-lagi belum terpakai oleh saya XD

Secara keseluruhan, ada 3 brush saja sih yang sering saya pakai. Sisanya tersimpan rapi dalam pouch. Rencananya sih nanti mau saya berikan ke ibu biar terpakai,hehe. Tidak menyesal membeli 11 pcs begini, karena harganya murah dan kualitasnya memuaskan juga.

(+) point for this product

  1. Harganya murah untuk 11 buah XD
  2. Material bahannya kuat, brush berbulu tebal dan lembut. Sejauh ini sudah 2x cuci belum ada yang rontok
  3. 1x saya coba menggunakan liquid produk dan bisa membaur dengan baik. TOP!

(-) point for this product

  1. Tidak ada keterangan kegunaan brush-nya. Jadi kalau kita kurang pandai atau jarang dandan, mungkin akan kebingungan dengan kegunaan masing-masing brush
  2. Pouch-nya mudah kotor.

I will give 8/10 point

Repurchase? Maybe. Mungkin bisa saya jual lagi (?) đŸ˜›

Where to find? JakMall, Tokopedia, Instagram, Lazada….ada dimana-mana deh kayaknya. Dan harganya bervariasi

2210235

Brush dari Eco tools ini mini banget XD. Waktu paket dari Eco tools saya terima dulu, packing hanya pouch seperti gambar di atas yang dikemas dalam kemasan plastik saja. Tidak ada kertas tambahan keterangan lain-lain.

Saya lupa foto Pouch-nya, tapi pouch ini merupakan desain yang terbaru (yang lama kalau tidak salah ada kacanya gitu). Pouch terbuat dari serat kain dan plastik mika. Sebagai pengaman, ada resleting yang cukup kuat juga. Pouchnya berwarna putih dan cepat kotor T_T. Biasanya untuk brush yang sering saya pakai tidak saya masukkan dalam pouch. Saya pisahkan di tempat khusus. Jadi biar pouch-nya tidak terlalu kotor dan tidak tercampur antara brush yang sudah dipakai dan masih bersih.

img_20160910_225411

img_20160910_225430

Terdiri dari 5 pcs brush dan ada keterangan kegunaan dan nama brush di gagangnya. Bisa dilihat di gambar atas, ada tulisan yang sudah hilang. Itu merupakan brush yang sering saya pakai. Walaupun sudah ada keterangan produk, tapi saya tidak pakai sesuai namanya wqwq.

Large Eye brush: Untuk aplikasi eyeshadow (brush yang tengah). Saya sering pakai untuk blending eyeshadow dan kadang untuk blush on juga kalau mau bikin pola blush on hanya bulatan kecil di bakpao pipi hhe

Angled crease brush: Untuk aplikasi eyeshadow di lekukan kelopak mata (brush yang paling depan atau gambar yang paling bawah). Kalau ini sering saya pakai sesuai fungsinya. Soalnya pas sama bentuk mata saya.

Petite eye shading brush: Untuk aplikasi dan membuat shading agar mata lebih tegas (gambar paling kanan atau brush paling atas). Ini saya pakai untuk menggambar contour hidung wqwq. Habis ukurannya mungil dan pas sesuai hidung saya hhe XD

Smudge brush: Untuk aplikasi dan membaur eyeshadow dengan gaya smoke eyes (gambar kedua dari kanan atau gambar brush kedua). Yang ini jarang saya pakai karena saya belum tertarik dengan riasan mata yang macam-macam.

(+) point for this product

  1. Sudah ada keterangan nama brush di tiap gagang. Jadi kalau tidak hapal dan tidak tau bisa belajar~
  2. Packaging-nya menarik dengan ukuran pouch yang memiliki desain unik
  3. Ukuran pouch pas, kadang saya suka selipkan blush on dan eyeshadow juga disitu, dan muat.
  4. Eco friendly, sesuai nama dan campaign produk ini yang meng-klaim menggunakan produk dari alam
  5. Bulu brush lembut dan tidak membuat sakit. Bisa mengangkat produk dan membaur dengan baik. Nggak terlalu lemas walaupun bulu brush tidak terlalu tebal

(-) point for this product

  1. Pouch gampang kotor.
  2. Tulisan di gagang brush mudah hilang
  3. Terlalu kecil dan kadang suka nyempil. Pernah 1x ada brush yang hampir hilang karena jatuh dan saya nggak nemu-nemu ada dimana karena ukurannya yang kecil.
  4. Harganya mahal…ya walaupun saya dapat gratisan hhe

I will give 8/10 point

Repurchase? No. Sudah punya. Tertarik untuk mencoba produk yang lain tapi nggak terpakai juga sih wqwq

Where to find? Berdasarkan pengamatan saya, sepertinya hanya tersedia di mall-mall kota besar saja. (Jakarta, Tangerang, Surabaya). Kalau kamu di Jakarta, produk ini biasanya ada 1 counter sama Tammia. Alternatif ada di Online shop. Baik online shop yang marketplace, individu ataupun online shop besar. Silahkan riset sendiri dan tentukan sesuai budget anda.

Kalau disuruh memilih,,,sejujurnya saya sangat menyukai kedua produk di atas. Yang sering saya pakai akhir-akhir ini sih yang Eco tools, powder, kabuki dan blush brush bamboo. Sisanya tidak saya pakai.

Kalau anda tertarik membeli, saya sarankan anda menentukan prioritas dulu kalau dandan itu pakainya apa saja. Dan lebih saya sarankan sih mending beli brush satuan (kalau cuma pakai powder dan blush brush saja). Kecuali anda seorang Make Up Artist, saya rasa anda tidak perlu sampai membeli set brush lengkap gitu.

Beli brush pun tidak perlu harus selalu bermerk kalau ternyata yang unbrand saja ada yang memuaskan. Yang pasti, ada 1 hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli brush. Kalau bisa lihat dulu kualitas bulu dan material gagangnya. Soalnya kadang ada yang bahan lemnya mudah lepas,hehe.

Oiya, untuk yang berminat melihat review saya tentang beauty blender dan cara saya membersihkan beauty blender dan brush, bisa lihat di postingan yang ini. Nah, selamat berburu brush!

2 comments

Leave a Reply

