Current fave Android App [2016]

Setelah tahun lalu saya membuat Must have app yang ternyata nggak must-must banget, tahun ini saya berencana membuat post serupa tapi berisi aplikasi yang memang saya unduh dan gunakan sehari-hari. Soalnya di post tahun lalu, ada beberapa aplikasi yang tidak saya  gunakan.

 

 

Untuk handphone saya sendiri adalah Smartfren E2 yang baru saya beli beberapa bulan yang lalu sebelum lebaran. Belinya juga karena tidak sengaja mendapatkan sms diskon potongan harga dengan cara menukarkan handphone smartfren lama milik kita di konter smartfren terdekat. Padahal tidak sedang butuh handphone baru, tapi ya mumpung diskon XD.

Tampilan lockscreen dan menu awal. Standar dengan wallpaper bawaan handphone.

Di lockscreen ada menu telepon, browser, kamera dan menu fav aplikasi yang sering saya buka dan beberapa diantaranya akan saya bagi disini.

plODYAzH

 

  1. Bookmate

Bookmate adalah aplikasi untuk meminjam buku secara gratis. Tidak semua buku tersedia gratis memang. Ada yang baru bisa dibaca bila kita berlangganan fitur premium seharga Rp69.000,-/bulan. Bila dulu pembayaran hanya bisa menggunakan kartu kredit,beberapa waktu lalu untuk berlangganan bookmate bisa dibayar melalui potongan pulsa Indosat. Kalau kamu pelanggan Indosat, setau saya kamu bisa mendapatkan bonus 1 bulan berlangganan dengan registrasi menggunakan nomor telepon. Bookmate sendiri bisa diakses melalui dekstop juga, untuk info jelas aplikasi ini bisa dilihat disini.

Yang jelas saya sangat terbantu sekali sih dengan aplikasi ini. Bisa membaca buku puisi Lang Leav secara gratis, buku Pidi Baiq, Dee Lestari bahkan buku Harry Potter pun juga tersedia gratis di aplikasi ini dan berbahasa Indonesia pula. Fave app!

  1. Goodreads 

Goodreads, aplikasi untuk rate, share dan berbagi buku yang sudah kita baca. Waktu pertama kali tahu aplikasi ini saya pikir ini sama kayak Bookmate, taunya ini hanya untuk rate buku saja. Saya cukup sering menggunakan aplikasi ini untuk mencatat buku yang sudah saya baca, menulis review buku tersebut sampai untuk mencari sinopsis buku yang ingin saya beli

  1. i-Jakarta

i-Jakarta atau i-Jak ini adalah aplikasi perpustakaan digital buatan Pemda DKI tapi bisa di akses di seluruh Indonesia, tidak hanya untuk warga Jakarta saja. Buku yang tersedia disini cukup banyak mulai dari yang best seller di toko buku sampai ada juga beberapa buku indie self publish yang cukup laris di pasaran. Sistem peminjaman di aplikasi ini pun seperti di perpustakaan biasa. Masing-masing anggota bisa meminjam 3 buku dalam 1 hari dengan waktu peminjaman perbuku 3 hari.

  1. Quora

Fave App!!! Dulu saya juga suka Ask.fm, entahlah, meskipun kadang di Ask.fm lebih banyak yang berisi pertanyaan yang menjurus mengadu domba dan sejenis itu tapi kadang saya menemukan pengetahuan baru. Nah, semenjak Ask.fm mengeluarkan desain baru berwarna oranye saya jadi malas dan deactive akun lalu beralih ke Quora.

Tidak bisa 100% dibandingkan sih antara Quora dan Ask.fm, tapi karena saya mengikuti beberapa akun orang Indonesia, kadang nemu aja pertanyaan dan jawaban yang hampir mirip seperti di Ask.fm yang tersedia di Quora

  1. Carousell

Tempat mencari harta karun tidak terduga XD. Ini adalah marketplace tempat kita bisa menjual dan membeli barang bekas maupun baru (tapi lebih khusus ke barang bekas). Yang saya suka dari aplikasi ini adalah karena desainnya yang sederhana dan tidak bikin sakit mata, fitur pencarian lokasi seller dan fitur tawar harganya yang menarik. Entah sudah berapa banyak barang menarik yang saya temukan disini mulai dari buku,sepatu sampai kosmetik. Akhir-akhir ini saya juga mulai membuka lapak disini

  1. Money Lover 

Dari banyak aplikasi pencatat keuangan, Money Lover akhirnya jadi pilihan saya. Hampir semua aplikasi pencatat keuangan lain yang tersedia di Play store sudah saya coba tapi tidak ada yang secocok ini. Entah itu karena banyak iklan, desainnya yang tidak ramah di mata atau karena sering crash sendiri.

Money lover sendiri ini sebenarnya ada iklannya juga, tapi tidak begitu menganggu. Beberapa waktu lalu saya habis upgrade ke yang pro, bebas iklan dan memori penyimpanannya lebih banyak. Sejauh ini sepertinya kekurangan dari aplikasi ini hanya 1, tidak ada fitur foto scan bill dan langsung tercatat otomatis. Jadi semua pengeluaran dan pemasukan harus kita catat secara manual. Coba ada fitur scan bill, mantap.

  1. Prelo

Seperti halnya Caroucell, Prelo juga aplikasi untuk bejualan barang bekas. Kalau tidak salah ini aplikasi buatan orang Bandung(?) dan baru dibuat beberapa waktu terakhir ini. Desainnya sendiri menurut saya kacau sih. Tidak ada filter penyaring barang jualan sudah terjual atau belum. Jadi walaupun barang sudah terjual, tetap muncul di timeline.

Yang membedakan Prelo dengan Carousell adalah, Prelo menyediakan layanan rekber untuk meminimalisir terjadinya penipuan penjualan online. Barang yang ingin kita jual disini juga harus melalui persetujuan pihak Prelo dulu, tidak bisa langsung pasang iklan. Sejauh ini aplikasi ini cukup memuaskan saya sebagai seller. Jika saya memposisikan sebagai buyer, kurang memuaskan karena desainnya yang njelimet.

  1. Tokopedia

Satu-satunya Marketplace yang saya unduh. Tampilannya sederhana, gak bikin sakit mata dan kayaknya nggak makan banyak memori. Sering mengadakan promo free ongkir juga lagi XD

  1. Grab

Satu-satunya aplikasi kendaraan online yang saya unduh. Dulu juga unduh Gojek cuma karena nomor hp yang lama hilang dan jadi error, saya berhenti pakai gojek. Untuk tarif juga lebih murah Grab sih meski kadang cari driver-nya susah. Aplikasinya sendiri memang tidak selalu saya pakai, hanya kalau saya harus pergi ke suatu tempat yang benar-benar tidak saya ketahui/tidak ada jalur Transjakarta dan krl yang lewat daerah situ saja

  1. Nebengers

Aplikasi yang baru-baru ini saya unduh. Belum saya coba layanan ini tapi sejauh ini sepertinya cukup menarik. Nebengers adalah sebuah aplikasi yang menampung beberapa pengguna kendaraan yang ingin berbagi atau mencari tebengan ke tempat-tempat tertentu baik secara gratis atau bayar tergantung si pemilik kendaraan. Saya ingin mencoba menggunakan layanan ini dan berkunjung ke Bandung dan sekitarnya tapi belum jadi.

  1. Trans

Aplikasi tracking Transjakarta sekaligus untuk mencari halte terdekat terbaik yang saya coba sejauh ini. Tidak ada iklan, real time GPS-nya juga selalu diperbaharui tiap 5 menit sekali.

  1. Muslim Pro

Aplikasi pengingat sholat, letak kiblat, penghitung zakat dan Al-quran terbaik!. Kebetulan saya sudah membeli versi Pro dan cukup menyenangkan karena tidak banyak iklan (versi gratis sendiri sebenarnya iklannya tidak menganggu). Oiya, ini juga ada aplikasi tasbih digital,doa, lokasi tempat halal dan masjid terdekat dan lain-lain

  1. Line Tools

Baru unduh beberapa hari terakhir ini dan cukup suka. Di dalam aplikasi ini ada aplikasi penggaris, senter, kompas, stopwatch, kaca, QR reader, dll. Cukup lengkap dan membantu, hanya sayang tidak ada sound recordernya

  1. Web PC Suite

Karena beberapa hp terakhir saya rusak charger konektornya karena sering dipakai untuk transfer data dari HP ke PC, akhirnya saya mengunduh aplikasi ini. Aplikasi transfer data menggunakan Wifi. Ada beberapa aplikasi sejenis yang sudah saya coba dan ini yang menjadi kesukaan.

  1. Kika Keyboard

Best emoji keyboard(?) Menemukan aplikasi ini pun secara tidak sengaja eh malah jatuh cinta. Banyak iklannya sih, tapi nggak begitu ganggu.

  1. Opera Mini Beta

Dari semua aplikasi peramban, yang paling saya suka Opera Mini Beta. Ringan, tidak makan banyak memori, tidak sering crash juga di hp saya dan yang terpenting, ada AdBlocknya!. Saya pernah mencoba aplikasi peramban lain tapi kurang memuaskan, Banyak iklan, sering crash di hp saya ataupun makan banyak baterai. Nah, Opera mini ini memuaskan. Cuma kalau peramban versi dekstop saya lebih suka Chrome hhe

0RnlMlZb

  1. Android Device Manager

Aplikasi yang baru-baru ini saya unduh juga untuk berjaga-jaga kalau suatu hari hp saya hilang XD.

  1. Google Keep

Aplikasi memo teringan yang saya temukan. Walaupun tidak ada fitur ganti font tapi sejauh ini cukup memuaskan

  1. Line Camera

Satu-satunya aplikasi kamera sekaligus edit foto yang saya install. Yang saya suka dari aplikasi ini sih karena ada fitur grid dan auto focusnya bagus. Saya suka kalau mengambil foto pemandangan gedung pakai aplikasi ini. Lebih jelas dan bagus saja. Sebenarnya untuk edit fotonya sendiri jarang saya pakai sih.

  1. Linkedin

Untuk pengingat karir(?). Saya memiliki akun linkedin sejak duduk di bangku kelas 2 SMA dan benar-benar mengisi semua informasi dengan asal XD. Saya mengunduh aplikasi ini karena sering mendapat Email pengingat ada teman atau pekerjaan baru dan kadang repot kalau harus membuka lewat web, jadi saya mengunduh aplikasi ini.

  1. Maps

Salah satu aplikasi yang sering saya buka XD. Entahlah, rasanya menyenangkan saja gitu membuka aplikasi ini dan berkeliling melihat lingkungan di sekitar. Kadang saya juga sering membuka aplikasi ini kalau ingin mengunjungi suatu lokasi baru dan ingin melihat seberapa jauh dari tempat saya.

  1. Office Lens

Baru saya unduh akhir-akhir ini dan baru saya pakai sekali. Aplikasi scan dokumen yang menurut saya cukup mudah dipakai dibanding CamScanner ataupun TinyScanner

  1. WordPress

Untuk mencatat ide post terbaru atau hanya sekedar melihat trafik dan komentar baru di wordpress. Sejauh ini wordpress mobile tampilannya sangat memuaskan banget!

  1. Z-Type

Satu-satunya game yang saya unduh. Ini kayak permainan tembak-tembakan gitu tapi yang kita tembak adalah kalimat atau kata-kata. Jadi melatih kekuatan mengetik dan spelling kita. Cukup menarik sih dan sangat menantang untuk orang yang sering typo dalam mengetik. Sayang tidak ada kata-kata dalam bahasa Indonesianya

  1. Instagram

Untuk mempost gambar dan mencari barang bekas(?)

  1. Line

Untuk komunikasi dengan beberapa teman SMA

  1. Twitter

FAVE APP!!!! Nggak ngerti lagi gimana jadinya kalau saya dulu nggak bikin akun twitter XD. Sepertinya tidak perlu di jelaskan ya kenapa ini jadi aplikasi kesukaan. Kebetulan ini juga 1 dari 3 aplikasi yang sering saya buka di handphone saya setelah Instagram dan Gmail.

  1. WhatsApp

Untuk komunikasi dengan keluarga.

***

Itulah aplikasi kesukaan yang saya unduh dan sering pakai. Daftar di atas tidak berurut dari aplikasi yang saya sukai. Saya list berdasarkan kategori abjad dan tampilan di handphone saya saja.

Saya sendiri tidak mengunduh dan memiliki akun BBM karena aplikasi itu terlalu banyak iklan, makan banyak memori dan apa ya,,,,dulu pernah install tapi kurang memuaskan aja gitu. Jadi saat ini hanya memakai Line dan Whatsapp saja untuk komunikasi.

Saya juga tidak mengunduh Facebook karena tidak ada yang saya urusi juga disana. Sampai saat ini saya masih memiliki akun facebook untuk disambungkan ke game, like fanpage atau mengikuti kuis dari suatu brand saja. Jadi membuka facebook melalui peramban saja cukup.

Jadi begitulah!

Dari beberapa aplikasi yang saya unduh itu, adakah yang menarik minat atau bahkan juga kamu unduh?

 

Advertisements

3 comments

  1. blog yang bagus mbak. saya menjelajah setelah baca postingan soal JKTgoodguide. artikel yang ini sangat membantu anyway. 🙂
    dan your 100 list keren. semoga kesampaian.
    semoga kapan2 saya bisa mampir lagi.

    Yenni
    – we are all aliens on the Internet, aren’t we?

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s