sehari bersama @jktgoodguide

CfkCV6NUsAA7z6T

Minggu kemarin akhirnya saya berhasil mengikuti acara jalan-jalan keliling beberapa tempat di Jakarta bersama @jktgoodguide dengan tujuan City Center 2.

Sebelum saya berangkat, saya sudah merencanakan untuk bisa berkenalan dengan 3 orang baru. Tapi hasilnya nihil XD. Saya sudah beberapa kali memiliki kesempatan mengobrol dengan orang tetapi entah mengapa ketika saya ingin mengajak berkenalan rasanya susah sekali. Alhasil sampai saya pulang, saya hanya mengetahui beberapa nama guide-nya saja tanpa sempat berkenalan dengan teman-teman seperjalanan.

Saya tidak sempat mengikuti beberapa acara foto bersama karena memang saya kurang suka difoto, tetapi saya berhasil menagkap sendiri beberapa pemandangan di sekitar yang cukup menarik selama perjalanan.

16-04-17-09-15-12-603_photo.jpg

Meeting point sekaligus tempat bersejarah pertama yang dikunjungi. Rasanya saya merasa aneh saat mendengar sejarah yang pernah terjadi di tempat ini. Sebab dulu saya bersekolah tak jauh dari lokasi ini, sering melakukan banyak tindakan ‘nakal’ di tempat ini pula bersama beberapa teman saya.

16-04-17-09-17-35-512_photo.jpg

Salah satu pasangan peserta tour, Ibu dan anak yang berasal dari Bogor (tapi saya tidak memiliki kesempatan untuk bertanya namanya) yang dari awal kemunculannya sudah menarik perhatian saya. Selama awal perjalanan hingga pulang, mereka selalu bersisian dan bergandengan tangan. Membuat saya sedikit iri dan rikuh, soalnya saat saya kecil dulu, saya sering ingin menggandeng tangan ibu saya tetapi di tepis dan kini saat sudah besar saya sering tanpa sadar mengabaikan tangan ibu saya ketika ia ingin bergandengan tangan dengan saya.

16-04-17-09-50-42-802_photo.jpg

Dalam kelompok tour kami yang dipandu oleh Bang Aji, ada 1 kelompok keluarga yang tergabung dan saya sudah tertarik dengan gadis kecil ini (yang belakangan, ketika saya sudah sampai rumah dan iseng mencari pos foto yang bertagar jktgoodguide saya menemukan akun instagram ibu dari anak ini dan ternyata ia bernama Ava) saya sulit sekali mengajaknya berkenalan. Ia tidak pemalu, bahkan ia cenderung berani dan aktif. Tapi memang ia yang tidak mau berkenalan dengan saya πŸ˜€

Foto ini saya ambil secara candid di Galeri Nasional, eh pas sekali ketika tombol foto sudah tertekan ia sedang menoleh ke arah kamera. Menggemaskan bukan? πŸ˜‰

16-04-17-10-45-43-030_photo

Foto bersama Abang None dan Guide kami. Foto ini diambil di Gedung Balaikota, lokasi terakhir dari serangkaian acara jalan-jalan. Kebetulan saat itu di Balaikota sedang ada acara, jadi ada Abang None. Bila anda tertarik untuk mencoba kesana, tidak akan ada selalu ada Abang None yang menyambut.

16-04-17-10-49-05-287_photo.jpg

Berfoto di salah satu ruangan rapat yang biasa digunakan Pak Gubernur dan bawahannya. Beberapa peserta ada yang mencoba mengambil gambar dan merasakan duduk di kursi yang biasa di duduki Pak Ahok.

16-04-17-10-47-16-282_photo

16-04-17-10-47-53-874_photo.jpg

Beberapa catatan yang tertempel tak jauh dari meja ruang rapat tadi. Ada juga beberapa pengunjung yang menempel catatan dan saran mereka sendiri. Sayangnya saat itu saya lupa membawa Post-it. Padahal saya ingin menuliskan sedikit saran juga.

16-04-17-11-23-03-087_photo.jpg

Setelah puas berkeliling di lantai bawah, kami dibawa ke lantai 3 ke ruang Jakarta Smart City. Ruangan ini adalah ruang kontrol yang memantau Jakarta melalui CCTV di beberapa lokasi. Juga terhubung dan bekerja sama dengan Transjakarta juga.

16-04-17-11-06-47-896_photo.jpg

16-04-17-11-15-26-891_photo.jpg

Di dalam ruang Jakarta Smart City saat sedang mendapat penjelasan tentang apa saja pekerjaan yang mereka lakukan. Secara singkat, mereka adalah orang-orang yang membantu menjawab dan menyelesaikan beberapa keluhan dari warga Jakarta baik melalui SMS atau melalui aplikasi Qlue. Tidak semua masalah langsung diselesaikan memang, tetapi setidaknya mereka mencoba memberikan pelayanan terbaik yang patut diacungi jempol. Oh iya, karyawan yang bekerja di Jakarta Smart City ini rata-rata masih muda semua karena memang pemerintah memberi kesempatan kepada anak muda untuk terjun langsung dalam membantu mewujudkan Jakarta yang lebih baik dalam banyak hal.

16-04-17-10-32-04-855_photo.jpg

Selain mengikuti tour, anda juga bisa berkunjung sendiri ke gedung balaikota seperti yang terlihat dalam gambar di atas. Tetapi jika anda ingin mengikuti tur sekalian bertemu dan berkenalan dengan orang baru mungkin bisa mengikuti laman profil @jktgoodguide di sosial media untuk mengetahui jadwal selanjutnya tentang lokasi yang mereka buka. Acaranya Gratis tidak dipungut biaya, tetapi bila anda ingin memberikan sumbangan atau tip sukarela juga tidak masalah.

Secara keseluruhan hari minggu kemarin adalah hari yang cukup menyenangkan. Meskipun keinginan saya gagal untuk berkenalan dengan 3 orang baru, tetapi saya mendapat banyak pengetahuan baru, melihat wajah-wajah dan tempat baru dan juga berolahraga sedikit XD

Dan sebelum saya menutup tulisan ini, saya ingin menambahkan 1 foto lagi,

16-04-17-10-00-28-019_photo.jpg

Foto ini saya ambil saat acara sudah selesai dan semua peserta ada yang pulang atau melanjutkan berkeliling balaikota lagi. Saya bertemu pasangan ibu dan anak ini di taman sekitar Balaikota, mereka sepertinya akan pulang-dan mereka masih bergandengan tangan.

Saya jadi berpikir, mungkin saya akan mengajak ibu saya juga di acara jalan-jalan berikutnya.

Sampai bertemu di cerita lainnya!

 

 

13 comments

  1. Hello, nice to meet you in Jakarta walking tour with Jakarta Good Guide. Says Diena yg pk baju batik hijau, hahaha. Wah fotonya candid nih. Next time ketemu lagi yah di tur rute lain πŸ™‚

    Like

    1. Halo!

      wah mohon maaf kalau saya candid ya >,<
      habis saya benar-benar langsung suka dari pertama lihat tapi tidak berani mengajak kenalan,hehe.

      Baiklah, selamat bertemu kembali di rute lain, dan semoga saya berani untuk mengajak berkenalan πŸ˜€

      Like

          1. mau ikut yg apa aja sih, asal jgn yg udah aja. aku udhnya City Center 1, City Center 2, Chinatown. Km mau ikut yg mana ?

            Like

            1. Iya, dr semua yg blm, paling minat Menteng jg sih. Lg request tgl 6 rute Kota Tua, cm ga tau bs ga, msh nunggu konfirmasi Pak Chandha, hehehe. Kl ikut yg laen, kabar2in yah πŸ™‚

              Like

  2. Hello Maila.. hahaha peserta yg ikut city center 2 juga nih, kenalan dolo nama saya Ed Berg yg di foto blog ini duduk di kursi gubernur pake baju abu-abu, ngehnya ada blog Maila juga dikirim linknya ma teman hehehe.. Nampaknya klo ketemu di event @jktgoodguide say hello aja ya biar saling kenal oke..

    Like

    1. halo mas,hehe. Iya saya dan teman waktu itu ingin kenalan dan bertukar cerita dengan ”geng”nya mas karena sepertinya sudah sering jalan-jalan juga tapi malu XD
      baik, nanti saya akan memberanikan diri dan, salam kenal juga ya!

      Like

Leave a Reply

